Wisata Alam Jogja Paling Bagus Untuk Dikunjungi

Menikmati udara bebas sambil menikmati hal seru menjadi pilihan menarik saat berlibur. Wisata bernuansa alam merupakan salah satu pilihan yang tepat. Kota Yogyakarta menawarkan beragam pilihan rekreasi menarik, salah satunya wisata alam. Tempat wisata alam di Jogja pun sangat beranekaragam. Peanasaran seperti apa indahnya wisata alam di Yogyakarta?


Selain memiliki wsata alam, Jogja juga memiliki beberapa wisata sejarah yang berupa candi peninggalan masa kerajaan. Wisata alam yang ada di jogja beraneka ragam seperti pantai, pegunungan dan danau. Wisata pantai yang ada di jogja yang pernah dibahas di dwisata.com diantaranya adalah pantai siung dan pantai wohkudu.

Penasaran wisata alam jogja yang paling bagus untuk dikunjungi ? Berikut ulasannya. Semoga liburan anda menyenangkan.

4 Wisata Alam Jogja Paling Bagus

1. Wisata Alam Seribu Batu Songgolangit


Jogja memang tak pernah kehabisan destinasi wisata untuk dikunjungi. Wisata bernuansa alam nan asri kini sedang digandrungi oleh banyak orang. Salah satunya adalah Wisata Seribu Batu Songgo Langit. Selain menawarkan panorama alam perbukitan yang mempesona, wisata Seribu Batu Songgolangit juga mempunyai banyak spot fotogenik. (Nah untuk kalian yang suka selfi pas banget nihh kalo berlibur ke objek wisata alam Songgolangit).

Wisata Seribu Batu Songgo Langit berlokasi di Jl. Hutan Pinus Nganjir, Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Kawasan wisata ini memang benar-benar disajikan untuk para pelancong yang bewisata ke Jogja. Untuk tiket masuk cukup mengeluarkan biaya Rp. 2.000 untuk perorang. Dan untuk biaya parkir motor Rp 2.000, mobil Rp 5.000. wahhh murah banget kan, pas banget kalo lagi Cuma punya budget pas-pasan, tapi pengen ke tempat wisata yang buat terkagum-kagum.

Sebelum kita liat lebih jauh indahnya pesona wisata Seribu Batu Songgolangit, kita liat dulu sedikit sejarah tentang tempat wisata alam jogja tersebut. Sebenarnya wisata ini sudah cukup lama dibuka untuk umum yaitu pada tahun 2016. Namun di kawasan ini hanya ada gazebo dan jembatan-jembatan kayu. Jadi membuat tempat wisata tersebut kurang diminati oleh para wisatawan. jadi pengelola tempat ini terus melakukan perbaikan demi memanjakan wisatawan yang berkunjung. Dan akhirnya, sekarang ini terciptalah destinasi-destinasi baru di tempat wisata Seribu Batu Songgolangit. Bahkan tempat wisata ini menjadi salah satu tempat yang hits di Yogyakarta. Jadi tenang j deh, spot disana bagus dan indah banget, dijamin nggak bakal rugi kalo kalian berwisata kesana.

Saat kalian berkunjung ke tempat wisata ini, kamu akan disambut dengan sebuah gapura yang sangat menarik, dan bagi kamu yang suka selfi langsung aja deh bisa dijadiin untuk spot foto. Selain itu, diarea sampingnya terdapat jajaran pondok-pondok yang menjajakan berbagai macam kuliner. Ditambah semilir angina yang sejuk yang menyentuh kulit. Wah menarikkan, selain itu ada juga wahana yang memicu adrenalin khusus anak-anak, yaitu Flying Fox. Untuk menikmati wahan ini dikenakan tarif cukup Rp 20.000. terlepas dari Flying Fox kamu akan melihat ayunan besar. Di ayunan tersebut ada tulisan-tulisan kekinian yang menarik. Di tempat ini konon katanya ada sebuah batu besar. Batu ini berasal dari gunung merapi yang meluncur bebas sewaktu terjadinya letusan. Wahh nggak kebayangkan.

Selain itu, ada sebuah jembatan yang terbuat dari kayu. Di bawahnya terdapat bebatuan kecil dan pepohonan kering yang jatuh berguguran ke bawah. Membuat indahnya jembatan tersebut bagi yang melintasinya. Hadir juga rumah hobbit yang sempat naik daun dan membuat tempat wisata ini menjadi semakin hits. Ada juga panggung hiburan, dimana panggung ini tempat duduknya terbuat dari kayu-kayu yang disusun bertingkat dan berjajar rapi. Tempat ini juga bagus untuk spot foto loo.

Selain itu, kamu juga bisa melihat pemandangan perbukitan yang luas dan juga indah. Namun, kamu harus berjalan sekitar 1 km dengan tanjakan yang cukup melelahkan. Namun pijakan-pijakan untuk smpai ke puncak tidak akan membuat kalianrugi. Karena sepanjang perjalan akan terasa suasana alamnya. Apalagi kalau udh sampai dipuncak, dijamin bahagia banget liat pesona keindahan Sang Mahakarya. Nahh pas banget kan, bagi kamu yang suka selfi. Banyak banget spot bagi kamu yang suka selfi-selfi. Gimana?? Masih mikir lagi untuk datang ke wisata seribu batu songgolangit????

2. Wisata Alam Tebing Breksi

Salah satu tempat wisata yang nggak kalah menarik di Yogyakarta adalah Tebing Breksi. Tebing Breksi Yogyakarta termasuk lokasi wisata terbaru yang menarik perhatian banyak orang. Awalnya, Tebing Breksi ini sendiri merupakan tebing bekas dari penambangan batu. Peresmian Tebing Breksi yang sedang hits ini dilaksanakan tepat pada tanggal 30 Mei 2015. (Wahhhh, nggak kebayang kan tempat bekas penambangan batu yang disulap jadi tempat wisata alam jogja yang indah bangettt).

Nah sebelumnya dibaca dulu ni sedikit sejarah tempat penambangan batu di Yogja sebelum disulap jadi tempat wisata alam “Tebing Breksi” yang lagi hits banget di Yogyakarta. Sebelumnya, Tebing Breksi hanyalah tebing-tebing bebatuan. Dulunya tebing ini adalah tempat tambang batu. Tebing batuan ini ternyata mengandung endapan dari hasil erupsi berupa abu vulkanik Gunung Nglanggran di Gunung Kidul yang meruipakan gunung api purba yang menghasilkan morfologii bukit setinggi 30 meter. Tidak ada keindahan yang menarik pada tebing breksi. Hanya tampak alam liar yang dieksploitasi manusia dengan cara penambangan.

Penambangan batu sudah dimulai sejak lama, dan tidak dapat memperkirakan kapan dimulainya terjadi penambangan batu. Penambangan dilakukan oleh warga untuk kebutuhan ekonomi. Namun, sejak tahun 2005, kawasan tebing mulai terlantar. Di tengah terlantarnya Tebing breksi warga sekitar sesekali berkunjung di waktu sore. Tujuannya sekedar menikmati senja di puncak tebing. Sebagian besar mereka adalah remaja.

Pesona alam dari Tebing puncak breksi menyuguhkan gunung berapi dan merbabu dari kejauhan. Dari situlah warga sekitar mulai berpikir bahwa kawasan tersebut layak dikelola menjadi tempat wisata. Tebing pun disulap menjadi karya seni yang indah. Dengan memanfaatkan seniman local tebing dipahat membentuk karya seni berupa tokoh-tokoh wayang. Anak tangga dan lokasi pertunjukan seni dibangun. Semua dilakukan untuk memanjakan wisatawan.

Tebing Breksi berlokasi di Dusun Groyokan, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk sampai di lokasi ini, kamu  harus mengikuti arah ke Candi Prambanan terlebih dahulu, setelah sampai di pertigaan pasar Prambanan, kamu bisa langsung belok kanan untuk mengambil arah yang menuju ke Piyungan. Jarak dari pasar Prambanan ke Tebing Breksi ini sekitar 3 km saja. Setelah itu, kamu harus mengikuti arah yang menuju ke Candi Ijo terlebih dahulu sampai menemukan pertigaan yang ada sebelum SD Negeri Sambirejo, kemudian di pertigaan ini kamu harus belok kiri. Terus saja berjalan sampai kira- kira 1 km dan melintasi jalanan yang kurang mulus, maka Anda akan sampai di lokasi wisata ini.

Perlu kalian tau pemandangan dari ketinggian Tebing Breksi pastinya indah banget. Panorama dan keindahan yang bisa diliat secara langsung dari atas tebing, beberapa view alam yang begitu indah dan mempesona dari  Sang Mahakarya Pencipta. Selain itu, kalian juga bisa menikmati wisata Tebing Breksi ini dengan berfoto selfie dan menikmati pemandangan Yogyakarta dari ketinggian tebing. Tebing Breksi sendiri banyak spot foto yang instagramable banget loo.

Di lokasi ini tersedia tempat parkir, toilet, lokasi offroad dan latar pertunjukan. Jam operasional lokasi wisata ini dibuka mulai jam 05.00- 18.00 WIB. Kalian juga bisa menikmati sunrise jika datang pada pagi hari ke tempat ini, begitu pun jika datang pada sore hari kamu bisa dapat menikmati sunset.

Untuk tiket masuk ke lokasi wisata ini, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya alias gratis. Anda hanya perlu mengeluarkan uang untuk membayar parkir motor sebesar Rp. 2000.- dan mobil sebesar Rp. 5000,-. Cukup murah, kan? nggak heran kalo obyek wisata dengan pemandangan super indah ini sangat cocok untuk kamu-kamu dengan budget terbatas. Murah, tapi kita bisa mendapatkan pemandangan yang tak ternilai harganya. Tempat wisata alam Tebing Breksi terbilang masih baru, jadi pengelola tempat ini terus melakukan perbaikan demi kenyamanan pengunjungnya. Tapi tenang j deh,walaupun baru spot disana bagus dan indah banget, dijamin nggak bakal rugi deh.

3. Wisata Alam Air Terjun Kedung Pedut

Wisata alam air terjun yang lagi hits di Yogyakarta dan wajib kalian kunjungi adalah  wisata Air Terjun Kedung Pedut. Kalau kamu berkunjung kesini dijamin nggak akan rugi deh. Air terjun Kedung Pedut ini mempunyai dua warna yaitu putih jernih dan juga hijau tosca. Air terjun bertingkat-tingkat hingga ratusan meter, dari ukuran setinggi pintu maupun air terjun belasan meter. Air Terjun Kedung Pedut merupakan salah satu andalan Kulon Progo. Panorama lembah, riam dan jeram serta airnya bak lukisan. Wisatawan yang datang pasti tergoda untuk langsung berendam serta berkecipak di sungai itu. Hal inilah yang membuat pesona Air Terjun Kedung Pedut semakin indah nan asri. Wah nggak kebayang sejuk banget pastinya kan. Jadi sayang banget kalau kalian ke Yogja nggak berkunjung ke Air terjun Kedung Pedut.

Riam yang banyak merupakan daya tarik. Aliran airnya tidak membentuk pusaran, kolam-kolam yang tercipta dari jatuhan air juga tidak dalam serta aman bagi anak-anak bermain. Selain itu, air tak deras dan mudah dilewati pengunjung. “Tidak kalah dengan obyek curug (air terjun) lainnya. Bila ditarik garis lurus, kemiringan sungai bisa 45 derajat, meski berkelok-kelok. Dari banyak riam yang ada, dua di antaranya memiliki riam sangat tinggi yang membuat air terjun di situ menjadi indah.

Salah satu riam setinggi 15 meter dan terletak tersembunyi. Banyak jembatan bambu sepanjang perjalanan mengelilingi kawasan Kedung Pedut. Bagi yang suka berswa foto pas banget nih berkunjung ke tempat ini. Di jembatan memberi sudut berbeda dan tetap menarik pada tiap foto panorama. Di air terjun itu, gulungan air yang jatuh ke kolam menciptakan kabut tebal. “Air terjun inilah yang dinamai Kedung Pedut. Kedung berarti kolam alami, pedut berarti kabut. Kabut yang tercipta dari kolam alami.

Air terjun dua warna ini berlokasi di Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulon progo, Yogyakarta. Buat kamu yang mau berkunjung ke tempat wisata alam Kedung Pedut, rutenya sangat strategis kok. Kamu hanya perlu melawati rute jalan Godean menuju pertigaan Kembang Soka. Lalu kamu belok ke arah kiri. Selama perjalan menuju Kedung Pedut kamu akan menemui banyak warung dipinggir jalan yang menjual berbagai makanan dan minuman. Jadi nggak perlu khawatir bagi kamu yang lupa membawa bekal.

Sebelum masuk ke area wisata alam kedung Pedut jangan lupa membayar tiket dulu yaa. Harga tiketnya cukup murah Rp6.000 / orang. Untuk parkir motor/ kendaraan roda 2 Rp. 3000,00/unit. Untuk Parkir kendaraan roda 4 Rp. 10.000,00/unit. Gimana??? Murah banget kan? Selain murah emandangannya juga kalah indah.

4. Wisata Alam Pantai Indrayanti


Pantai Indrayanti menawarkan keindahan alam yang begitu menakjubkan. Tak heran kalau banyak wisatawan yang terus berdatangan ke wisata alam jogja yang satu ini, apalagi saat akhir pekan. Wisata Pantai Indriyanti memang bukan wisata baru di Yogyakarta, namun tempat wisata pantai Gunungkidul ini masih menjadi wisata hits bagi para pecinta pantai.

Kondisi pantai yang sangat bersih dan minim sampah ini membuat para wisatawan selalu menempatkan pantai ini sebagai tempat tujuan wisata para wisatawan. Hamparan pasir putih berpadu dengan birunya air laut seakan menjadi pesona yang tiada dua. Ditambah lagi dengan adanya bukit yang bisa Anda daki untuk menyaksikan keelokan pantai Indrayanti dan bentangan Samudra Hindia.
Selain kamu akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah banget, kamu juga bisa ngrasain berbagai fasilitas yang ada di tempat wisata tersebut.

Fasilitas

Fasilitas Pantai Indrayanti termasuk yang cukup lengkap. Diantaranya :
– Tempat Parkir
Tempat parkir di sini sangat luas sehingga anda tidak perlu kuatir masalah tempat parkir.
– Musholla
– Kamar Mandi dan Toilet
– Penginapan
Terdapat banyak sekali penginapan di pantai indrayanti sehingga anda tidak perlu pusing untuk mencari penginapan. Dikarenakan penginapan di sekitar pantai indrayanti cukup banyak dari harga termurah sampai harga yang mahal dengan fasilitas yang lengkap.
– Gazebo
Anda bisa menyewa gazebo yang ada di sekitar kawasan indrayanti untuk duduk dan istirahat. Biaya sewa gazebo di pantai indrayanti sekitar Rp30.000.
– Payung Pantai
Jika anda merasa kepanasan atau pengen duduk di bibir pantai anda bisa menyewa payung  yang sudah di sediakan. Biaya sewa payung ini sekitar Rp20.000

0 Response to "Wisata Alam Jogja Paling Bagus Untuk Dikunjungi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel