Pantai Wohkudu : Wisata Diantara Dua Tebing

Mengunjungi tempat wisata untuk berlibur menjadi pilihan banyak keluarga Indonesia. Salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan di daerah pantai selatan Yogyakarta yaitu pantai. Pantai wohkudu merupakan salah satu rekomendasi wisata pantai yang wajib Anda kunjungi saat Anda berada di Yogyakarta. Pasalnya pantai dengan keindahan surga alam ini masih jarang terekspos manusia.



Yogyakarta bukan hanya dikenal sebagai kota pelajar, tempat wisata di Jogja juga banyak yang bagus dan terkenal diantaranya adalah candi borobudur yang merupakan salah satu bangunan yang bersejarah. Saat liburan tiba tempat wisata ini ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Untuk lebih jelas mengenai pantai wohkudu, berikut ini mari kita simak informasi lebih lengkapnya.

Lokasi dan Keindahan Alam pantai Wohkudu

Lokasi Pantai

Pantai wohkudu, pantai yang berada di antara pantai laut selatan Yogyakarta. Pantai ini belum banyak dijamah oleh wisatawan sehingga kealamiannya masih terjaga. Hening, damai, dan nyaman merupakan gambaran yang tepat untuk mendeskripsikan suasana di pantai ini.

Pantai yang berlokasi di dukuh Wiroso, Panggang, Gunung kidul ini memiliki daya tarik tersendiri. Untuk dapat menikmati keindahan pantai dan sampai di bibir pantai, Anda perlu melewati jalanan terjal hingga 100 meter. Jalanan tersebut dipenuhi dengan batu karang yang cukup tajam, sehingga perlu ekstra hati-hati untuk melewati jalanan tersebut.

Namun setelah melewati perjalanan ekstrim, semuanya akan dibayar dengan keindahan pantai yang terkesan seperti pantai pribadi. Cocok sekali jika Anda ingin berkemah di pantai. Pantai yang terletak di antara dua bukit ini menjadikan pantai tidak memiliki hamparan pasir yang cukup luas. Meskipun memiliki lokasi jauh lebih sempit, namun hal ini justru menjadi kelebihan karena memberi kesan eksklusif.

Keindahan Alami

Pantai wohkudu masih belum banyak terjamah oleh wisatawan sehingga membuat pantai ini jarang diketahui banyak orang. Untuk dapat menikmati keindahan alami pantai ini Anda harus melewati jalur imogiri yang merupakan jalur terdekat. Jalur imogiri termasuk jalur sepi, namun dengan jalur ini Anda akan mendapat keindahan alam berupa perbukitan yang penuh dengan pepohonan hijau.
Sehingga akan memberikan kesan indah dan sejuk. Terlebih jalan di jalur imogiri ini berupa tanjakan dan kelokan, sehingga perjalanan Anda lebih menantang. Anda tidak perlu khawatir perjalanan melelahkan, karena Anda akan disambut dengan keindahan alam flora dan faunanya.

Tanda bahwa Anda akan segera sampai pantai wohkudu yaitu Anda akan mendengar sayup-sayup deburan ombak. Disusul dengan penampakan dua tebing kokoh yang mengapit pantai, hingga akhirnya Anda akan melihat birunya laut selatan dan sebidang tanah cukup lapang yang merupakan halaman pantai. Setelah melewati tanah lapang, Anda akan menikmati indahnya pasir putih.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pantai

Memancing 

Warga daerah sekitar pantai, biasa melakukan aktivitas memancing untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sehingga tidak heran jika Anda akan menemukan gubuk-gubuk kecil yang dibangun oleh warga. Gubuk tersebut digunakan sebagai tempat menyimpan peralatan memancing. Sehingga jika Anda hobi memancing, Anda bisa mencoba memancing di pantai privasi ini.

Camping

Wohkudu merupakan nama salah satu pantai di Yogyakarta yang memiliki suasana nyaman, tenang, sepi, sejuk, serta memiliki hamparan tanah lapang. Hal ini yang menjadikan pantai cocok untuk melakukan kegiatan Camping. Camping di pantai ini menjadi salah satu tempat yang paling direkomendasikan, karena Anda akan terbebas dari gangguan wisatawan lain yang sibuk melakukan aktivitas selfi.

Suasana yang damai dipadukan dengan tempat yang sepi menjadikan Anda merasa seperti berada di pantai pribadi. Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang ingin melepas penat setelah seharian bekerja ataupun lelah dengan hiruk pikuknya kota. Untuk menambah kesan hangat, Anda bisa menyalakan api unggun dan membakar hasil tangkapan ikan.

Lokasi Akses Menuju Pantai Wohkudu

Di sini kita akan membahas akses menuju pantai secara lebih detail. Lokasi pertama yang harus Anda kunjungi yaitu terminal Giwangan selanjutnya berjalan ke arah selatan menuju Imogiri ke arah Selopamioro, hingga sampai di Panggang.

Saat berjalan dari Selopamioro menuju Panggang, Anda akan menemukan perjalanan penuh tanjakan namun di sepanjang jalan Anda akan disambut pemandangan nan indah. Sebelum melewati jalan tersebut, pastikan kendaraan yang Anda gunakan dalam keadaan baik dan kuat.

Setelah sampai di daerah Panggang, Anda harus mengikuti jalan hingga sampai di lokasi pertigaan dengan pohon beringin yang cukup besar. Ikuti petunjuk jalan yang terpampang di lokasi pertigaan menuju pantai Gesing sampai bertemu di perempatan dengan pohon yang berada di tengah-tengah.
Selanjutnya belok kanan dan ikuti jalan hingga menemukan gang dengan papan petunjuk menuju pantai kesirat. Ikuti jalan tersebut hingga menemukan papan yang menandakan lokasi Pantai wohkudu. Di daerah tersebut, Anda akan menemukan tempat parkir dan warung sederhana. Selanjutnya perjalanan bisa Anda lanjutkan dengan berjalan kaki untuk menuju ke lokasi pantai.

Harga Tiket

Karena pantai masih alami dan masih jarang dikunjungi wisatawan, Anda tidak akan dikenakan biaya untuk masuk ke daerah wisata pantai. Namun Anda harus menyiapkan uang biaya masuk ketika berada di desa terakhir sebelum masuk ke wilayah pantai kesirat dan wohkudu. Biaya yang harus Anda keluarkan yaitu 3 ribu untuk motor dan 5 ribu untuk mobil.

Tempat Wisata Lain Selain Wohkudu

Pantai Kesirat

Perjalanan menuju pantai wohkudu searah dengan perjalanan menuju pantai kesirat. Tidak ada salahnya jika Anda bersama keluarga menyempatkan diri berkunjung ke pantai kesirat. Pantai kesirat merupakan satu-satunya pantai yang berada paling dekat dengan wohkudu, hal ini dikarenakan keduanya masih berada dalam satu area. Tanpa perlu memindahkan kendaraan di tempat parkir, Anda hanya perlu berjalan kaki dari pantai wohkudu menuju pantai kesirat.

Di pantai kesirat, Anda akan menemukan pantai dengan hiasan karang yang indah. Meskipun bernama pantai, namun Anda tidak akan menemukan pasir putih di sana. Anda juga tidak akan menemukan buih ombak yang biasa menepi di pantai. Di pantai kesirat Anda akan menemukan deburan ombak yang menabrak dinding-dinding karang. Pantai kesirat ditumbuhi satu batang pohon tunggal yang menjadi ikon pantai kesirat.

Pantai Celeng Tibo

Lokasi pantai yang tidak jauh dari pantai wohkudu selanjutnya yaitu pantai celeng tibo. Pantai ini berada di sebelah barat pantai kesirat. Untuk menuju pantai ini, Anda bisa menyusuri jalan setapak selama kurang lebih 10 hingga 15 menit. Ciri dari pantai ini yaitu adanya celah diantara dua pertemuan tebing. Bangunan bambu yang dijadikan sebagai lokasi transit bagi para nelayan menjadi ciri khas pantai ini.

Pantai celeng tibo sangat cocok dikunjungi oleh Anda yang gemar memancing. Namun Anda harus ekstra hati-hati jika memancing di daerah ini, hal ini karena biasanya ada ombak yang datang secara tiba-tiba dan menghantam.

Demikian beberapa penjelasan mengenai keindahan pantai wohkudu, jalan akses menuju pantai, serta beberapa wisata lain di daerah sekitar pantai wohkudu. Jika Anda membutuhkan lokasi wisata yang tenang tanpa ada hiruk pikuk banyak orang, pantai wohkudu ini menjadi salah satu rekomendasi terbaik untuk Anda. Selamat berekreasi bersama keluarga.

0 Response to "Pantai Wohkudu : Wisata Diantara Dua Tebing"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel