Pantai Siung : Pesona Keindahan Yang Tak Terlupakan

Berbicara tentang liburan memang tidak akan ada habisnya, terlebih lagi jika membicarakan Daerah Istimewa Yogyakarta atau sering di sapa Jogja ini. Banyak keindahan alam yang bisa dinikmati dan memanjakan mata. Mulai dari candi, curug, hingga pantai bisa Anda temukan di Kota Gudeg ini.



Mayoritas tempat wisata di Jogja adalah pantai dan banyak diantaranya terletak di daerah Gunung Kidul. Salah satu jenis pantai dengan pesona keindahan paling menakjubkan adalah Pantai Siung.

Jogja mempunyai beberapa pantai dengan keindahan alam yang menyejukan mata. Salah satu pantai yang pernah kami bahas adalah pantai wohkudu yang diapit oleh dua tebing. Apabila anda belum mengetaui tempat wisata tersebut anda dapat membaca artikel tentang pantai wohkudu. Apakah Anda pernah ke Pantai Siung? Jika belum, simak informasi berikut ini, pasti Anda langsung tertarik untuk berkunjung.


Lokasi dan Akses Pantai Siung

Lokasi Pantai Siung

Untuk Anda yang ingin berkunjung ke Pantai Siung jangan lupa untuk mengetahui lokasinya terlebih dahulu agar tidak tersesat. Pantai yang indah ini berada di Dusun Wates, Ds. Purwodadi, Tepus, Gunung kidul. Untuk menuju ke pantai ini hanya perlu waktu 2-3 jam dari pusat Kota Jogja.

Lokasi Pantai Siung terbilang terpencil, untuk itu banyak wisatawan memilih menggunakan kendaraan pribadi dibandingkan kendaraan umum. Untuk medan jalan bisa terbilang agak sulit. Anda harus melewati jalan berkelok, tanjakan, ruas jalan menyempit dan lain sebagainya. Pastikan kondisi kendaraan prima sebelum melakukan perjalanan.

Akses Pantai Siung dari Pusat Kota Jogja

Untuk Anda yang berkunjung dari arah pusat Kota Jogja. Silahkan melalui Kabupaten Wonosari. Setelah perjalanan sekitar 9 Km Anda akan menemukan pertigaan berisi petunjuk arah. Pilihlah jalur Binatos dan Tepus. Sampai di pertigaan Winangun, ambil belok kanan untuk mencapai Pantai Siung.

Akses Pantai Siung dari Klaten

Untuk Anda yang berkunjung dari arah Klaten. Silahkan pilih rute Semanu-Giripanggang. Terus berjalan menuju Klayu, Gude, hingga di Winangun. Setelah itu belok kanan untuk menuju Pantai Siung. Selain rute tersebut Anda juga bisa melewati rute Cuelo hingga Winangun dan belok kanan untuk menuju Pantai Siung.

Akses Pantai Siung dari Solo

Untuk Anda yang berkunjung dari arah Solo. Silahkan melalui kawasan Praci ke arah Baran. Setelah itu menuju arah Selatan daerah Nglindur, sesampainya di pertigaan sebelum Pasar Ngrancah belok kanan. Terus berjalan hingga Pasar Jepitu dan pertigaan Winangun, lalu ambil kiri untuk menuju Pantai Siung.

Pantai Siung, Keindahan Tersembunyi di Balik Tebing

Keindahan Batu Karang Raksasa

Salah satu keunggulan yang dimiliki Pantai Siung adalah terdapat batu karang raksasa yang indah dan mempesona. Anda akan melihat banyak batu karang raksasa yang tersebar di sebelah timur dan barat pantai. Batu karang ini juga menjadi ciri khas dari Pantai Siung.

Pantai Siung itu sendiri diambil dari kata siung wanara atau gigi kera karena batu karang di daerah pantai ini menyerupai gigi kera. Bukan hanya bentuknya yang mirip, jika Anda beruntung Anda bisa menjumpai kera dengan ekor panjang di sekitar tebing. Kera ini biasa muncul saat malam hari atau ketika suasana sepi.

Kejayaan di Masa Lampau

Pantai Siung bukan hanya jaya pada saat ini saja, namun sejak era Walisongo pantai ini sudah mengalami kejayaan. Pada masa lampau, Pantai Siung menjadi pusat perdagangan Kabupaten Gunung kidul. Pada masa itu sebagian besar masyarakat Siung berprofesi sebagai petani garam. Garam menjadi barang dagang paling utama di Pasar Winangun (dekat pantai siung).
Perdagangan di Pantai Siung mengalami kemunduran karena Pasar Winangun pindah ke Kota Jogja. Saat ini pasar winangun sering disebut sebagai Jobo Winangun yang memiliki arti di luar wilayah Winangun. Meskipun perdagangan mengalami kemunduran, eksotisme Pantai Siung tidak pernah pudar, bahkan saat ini banyak wisatawan berdatangan.

Aktivitas Seru di Pantai Siung

Panjat Tebing

Salah satu aktivitas yang bisa Anda nikmati saat berkunjung ke Pantai Siung adalah panjat tebing. Tentunya hal ini menjadi kabar gembira untuk para pecinta panjat tebing. Bahkan Pantai Siung mampu meraih penghargaan The Best Climbing Rocks Site di Jogjakarta. Ada 250 spot panjat tebing yang bisa Anda pilih, tentunya tingkat kesulitan antara spot satu dengan yang lain berbeda-beda.
Zona panjat tebing di Pantai Siung ada beberapa yaitu dari A hingga K. Ada zona pemula dan profesional dan salah satu zona panjat tebing favorit adalah Pancaran Siung dan Kuda Laut. Ketika memanjat Anda akan merasakan deburan ombak yang menyegarkan dan sensasi yang tidak terlupakan. Tidak perlu takut, untuk para pemula akan ditemani oleh para ahli.

Berkemah

Selain panjat tebing, aktivitas favorit di Pantai Siung adalah berkemah. Waktu terbaik untuk panjat tebing adalah pagi dan sore hari, tidak heran banyak wisatawan memilih untuk berkemah agar tidak kehilangan moment terbaik. Lokasi berkemah berada di balik batuan karang besar.

Anda bisa membawa tenda dan peralatan kemah sendiri. Namun jika Anda tidak membawa tenda tak perlu khawatir, di dekat area berkemah disediakan rumah panggung kayu. Anda bisa menyewa rumah tersebut kepada warga sekitar dan menjadikannya base camp untuk menginap di Pantai Siung.

Hammocking

Keindahan di Pantai Siung sangat disayangkan jika Anda sia-siakan. Selain membawa tenda untuk berkemah jangan lupa untuk membawa hammock. Memasang hammock tidak harus di dahan pohon, Anda bisa memasangnya di bebatuan karang raksasa. Sensasi berbeda akan Anda rasakan saat berbaring diatas hammock.

Saat menunggu giliran panjat tebing, Anda juga bisa menikmati keindahan Pantai Siung dengan berbaring di atas hammock. Agar tidak silau karena sinar matahari, jangan lupa untuk membawa kacamata hitam. Pikiran fresh akan Anda dapatkan setelah menikmati keindahan Pantai Siung ini.

Bukit Pengilon

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan matahari terbit, coba datang ke sebelah timur Pantai Siung, disini Anda akan melihat hamparan rumput hijau yang segar bernama Bukit Pengilon. Dari sini Anda bisa menikmati keindahan Pantai Siung dari ketinggian, selain itu dari bukit ini Anda juga bisa melihat gugusan pantai lain yang ada di kawasan Gunung kidul seperti Pantai Watu Lumbung dan Pantai Wediombo.

Setelah berkemah dan memanjat tebing, sangat disayangkan jika melewatkan moment matahari terbit di Pantai Siung. Untuk menuju Bukit Pengilon sangat mudah, dari Pantai Siung silahkan naik sebelah timur pantai, ikuti jalan setapak (Anda akan disuguhi keindahan Pantau Banyunibo). Jika dari Pantai Wediombo silahkan menuju Pantai Watu Lumbung arah barat dan sampai ke Bukit Pengilon.

Pantai memang tidak ada bosannya untuk dinikmati. Tidak heran pantai menjadi salah satu destinasi wisata paling dicari dan favorit bagi masyarakat. Jika musim liburan tiba, pantai akan dipenuhi oleh para wisatawan yang bersantai dengan keluarga atau orang terkasih.

Untuk Anda yang berkunjung ke Jogjakarta, khususnya kawasan Kabupaten Gunung kidul, sangat direkomendasikan datang ke Pantai Siung untuk menikmati keindahan dan pesona tersembunyi yang tidak bisa terlupakan. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan piknik agar liburan Anda menjadi lebih menyenangkan dan menggembirakan.

0 Response to "Pantai Siung : Pesona Keindahan Yang Tak Terlupakan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel