Danau Linting : Pesona Keindahan di Sumatera Utara

Siapa sih yang tidak tahu dengan Danau Linting? Meski belum pernah berkunjung langsung ke sana, pasti sebagian dari kita sudah tidak asing dengan destinasi wisata yang sangat terkenal di Sumatera Utara ini. Seperti yang diketahui selain Danau Toba, ternyata Sumatera Utara juga memiliki destinasi wisata danau lainnya yang tidak kalah menarik dan juga indah.


Danau Linting sendiri merupakan salah satu wisata alternatif di Sumatera Utara yang bisa Anda kunjungi ketika berkunjung ke provinsi ini. Jika dilihat dari keindahannya, Danau ini juga tidak kalah dengan Danau Toba yang sudah sangat terkenal hingga ke mancanegara. Obyek wisata Danau di Sumatera Utara ini terkenal masih sangat asri dengan suasana dan juga lingkungan yang masih sangat alami.

Selain wilayah sumatera, Jogja juga memiliki wisata alam yang diapit oleh dua tebing. tempat wisata tersebut adalah pantai wohkudu. Apabila anda sedang berada di Jogja tidak ada salahnya untuk mampir ketempat wisata tersebut. Wisata alam tersebut masih terjaga sehingga masih memiliki suasana alam yang bagus.

Mengenal Lebih Dekat dengan Danau Linting di Sumatera Utara

Sejarah Danau Linting

Sebenarnya tidak banyak yang bisa diceritakan mengenai asal-usul danau di Sumatera utara ini. Namun pada awal kemunculannya memang tidak terlepas dari cerita legenda yang dipercaya oleh masyarakat sekitar danau. Menurut cerita dari penduduk desa setempat, dulunya danau ini hanyalah berupa gundukan bukit yang mengalami getaran yang cukup besar sehingga membuatnya meletus.
Setelah terjadi letusan yang cukup besar membuat bukit tersebut membentuk cekungan. Nah, cekungan yang berisi air itulah yang menjadi asal usul dari danau Linting dan kemudian para penduduk setempat memberi nama Danau Linting Medan.

Akses Menuju Lokasi Danau Linting

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa danau ini merupakan salah satu danau di Sumatera Utara yang masih sangat asri. Sehingga tidak heran jika akses menuju lokasi danau ini masih terbilang kurang baik jika dibandingkan dengan akses menuju ke danau Toba. Kondisi jalan yang masih tidak rata, berbatu dan juga terjal membuat para pengunjung harus ekstra hati-hati ketika berkunjung ke danau Linting.

Hanya beberapa kilometer saja jalan menuju ke danau yang masih lumayan bagus dan beraspal. Namun meski begitu di sepanjang perjalanan, para pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah dari pohon-pohon besar yang masih sangat hijau. Sehingga dengan adanya pemandangan tersebut membuat perjalanan menuju lokasi danau tidak terasa melelahkan dan menjenuhkan.

Lokasi danau ini sebenarnya tidak jauh dari pusat kota Medan hanya berjarak sekitar 70 kilometer saja. Jika ditempuh dengan kendaraan para pengunjung hanya memerlukan waktu sekitar 2,5 jam dari Medan yang melalui Tanjung Merawan. Namun selain jalur tersebut para pengunjung juga bisa melewati Deli Tua dan Patumbak, Deli serdang dengan waktu tempuh sekitar 3 jam.

Bagi yang belum tahu dimana lokasinya? Danau ini terletak di tiga desa yakni desa Gununung Manumpak, desa Dunia IV Mbelen, dan Desa Sibung-bunga. Ketiga desa tersebut berada di Kecamatan Sinembah Tanjung Muda, Kabupaten Deli Serdang.

Fasilitas Danau Linting

Saat ini danau Linting sudah ramai dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Para wisatawan yang berkunjung ke sana akan menjumpai banyak penjual makanan dengan tarif yang tidak menguras kantong. Tidak perlu khawatir karena untuk bisa masuk ke lokasi wisata para wisatawan hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 5.000 saja per orang.

Jika Anda dari luar kota dan ingin berlama-lama berada di sekitar danau , sebaiknya Anda menyewa pondok yang lokasinya berada tidak jauh dari danau. Pondok tersebut memang khusus disewakan sebagai tempat beristirahat bagi para wisatawan yang datang dari luar kota. Cukup membayar Rp 25.000 saja , pengunjung sudah bisa beristirahat dengan tenang sambil menikmati keindahan alam danau Linting.

Keistimewaan Danau Linting

Jika dibandingkan dengan danau Toba, dilihat dari segi keindahannya danau Linting ini tidak kalah indah dan menarik. Sehingga kurang lengkap rasanya jika Anda tidak berkunjung ke danau ini ketika berada di Medan, Sumatera Utara. Selain memiliki kawasan yang hijau, asri dan sejuk, pemandangan yang disuguhkan di danau Linting ini sangatlah berbeda dari danau-danau lainnya di Sumatera.

Pemandangan tersebut semakin menarik dan indah karena dikelilingi oleh pohon-pohon beringin yang cukup besar. Suasana yang dihadirkan pun terasa sangat sejuk sehingga menciptakan ketenangan dan kenyamanan tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke sana.

Selain pemandangan indah dan udara yang sejuk, masih banyak keunikan yang dimiliki oleh danau Linting ini. Keunikan tersebut bisa dilihat dari warna air danaunya yang hijau toska atau biru kehijauan. Air danaunya pun memiliki temperatur hangat yang berasal dari belerang.

Sampai saat ini untuk kedalaman danau Linting masih belum diketahui. Pasalnya seorang peneliti pernah mencoba mengukur kedalaman danau dengan menggunakan gulungan kabel sekitar 300 meter, namun dasar dari danau tersebut masih belum tersentuh. Jadi kemungkinan sangat dalam sekali, bukan?

Aktivitas di Danau Linting

Selain menikmati pemandangan alam ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di danau Linting. Jika Anda berkunjung ke sana pastikan untuk melakukan kegiatan atau aktivitas tersebut dan jangan sampai melewatkannya.

1. Berendam

Berendam menjadi aktivitas pertama yang wajib dilakukan ketika Anda berkunjung ke danau di Sumatera Utara ini. Dengan keunikan airnya, sangat sayang jika Anda tidak merasakan sensasi berendam di danau ini. Kegiatan berendam sendiri menjadi salah satu aktivitas yang cukup populer, sehingga banyak wisatawan yang melakukannya saat berkunjung ke sana.

2. Bersantai di Pinggir Danau

Bagi Anda yang bingung mencari tempat liburan keluarga yang murah dan menyenangkan, danau Linting ini bisa jadi pilihan yang sangat tepat. Selain berendam, para pengunjung juga bisa bersantai di pinggir danau sambil menikmati suasana alam yang disuguhkan.

Umumnya para pengunjung akan menggelar tikar atau semacamnya di pinggir danau sambil menikmati makanan yang dibawa dari rumah atau yang dibeli di sekitaran danau. Tidak perlu bingung jika Anda tidak membawa tikar karena masyarakat setempat juga menyediakan dan menyewakan tikar dengan harga yang sangat terjangkau.

3. Kuliner

Berkunjung ke danau Linting kurang lengkap rasanya jika Anda tidak mencoba makanan yang dijajakan para penjual di sekitar lokasi danau. Soal harga Anda tidak perlu khawatir karena semua makanan atau camilan yang dijual di lokasi danau dijamin murah dan enak. Jadi jangan lupa ajak keluarga dan sahabat tercinta ya!

Keistimewaan danau ini memang tidak habis dan tidak cukup jika hanya diceritakan saja. Para pecinta travelling wajib untuk berkunjung dan menikmatinya secara langsung. Selain pemandangan yang sangat eksotis, pesona keindahan danau Linting ini juga semakin tampak dengan adanya gumpalan asap yang berada di tengah danau. Sehingga terlihat pemandangan yang sangat indah.

Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi Danau Linting di Sumatera Utara? Jika iya, pastikan untuk membuat perencanaan mulai dari sekarang. Salah satu danau di Sumatera Utara ini menjadi alternatif petualangan yang sayang untuk dilewatkan. Jangan lupa untuk mengajak seluruh keluarga dan sahabat untuk menikmati keindahan di pantai ini. Semoga liburan Anda kali ini menyenangkan!

0 Response to "Danau Linting : Pesona Keindahan di Sumatera Utara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel