Tempat Wisata Sari Ater

Tempat wisata sari ater merupakan salah objek wisata yang berlokasi di Bandung. Kota Bandung bukan hanya terkenal dengan masakannya saja. Wisata yang ada dibandung juga banyak yang bagus sehingga objek wisata yang satu ini banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.



Pada akhir pekan, objek wisata air panas yang yang berlokasi di Lembang, Bandung Barat ini ramai dikunjungi oleh wisatawan. Saat libur panjang sekolah banyak yang mengajak keluarganya berkunjung ketempat wisata ini. Pada akhir pekan juga banyak yang datang ketempat wisata ini.

Objek wisata ini berada dekat dengan objek wisata Gunung Tangkuban Perahu, Grafika Cikole dan Hutan Pinus. Selain berkunjung ketempat ini, wisatawan juga dapat berkunjung ke objek wisata lainnya yang lokasinya mudah dijangkau. Jadi jangan lupa mampir ya ke objek wisata di sekitarnya.

Lokasi dan Rute Menuju Sari Ater

Tempat wisata sari ater terletak di Jalan Raya Ciater, Kec.Ciater, Kab.Subang, Jawa Barat.Dalam perjalanan menuju objek wisata ini, pengunjung disuguhkan dengan pemandangan kebun teh hijau. Udara di daerah pegunungan yang sejuk membuat pengunjung dapat menghirup udara yang segar sehingga badan menjadi segar.

Petunjuk jalan untuk menuju kawasan ini sudah sangat mudah. Pengunjung dapat menggunakan smartphone dengan aplikasi GPS atau melihat tanda arah yang ada di sepanjag jalan. Tidak sedikit pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi, ada juga pengunjung yang menggunakan kendaraan umum untuk menuju ke lokasi ini.

Apabila berangkat dari Kota Bandung, jarak yang ditempuh ke lokasi ini sekitar 30 kilometer. Jarak yang cukup jauh jika dibandingkan dengan Jarak tempuh dari arah Tangkuban Perahu yang hanya menempuh jarak kurang lebih 10km.

Wisatawan dari Jakarta untuk menuju kelokasi dapat melalui jalan Tol Cikampek kemudian diteruskan dengan menggunakan Tol Cipali. Dengan menggunakan jalan Tol pengunjung akan cepat sampai ke lokasi dan tentunya tidak akan terkena macet. Jalan ini biasanya digunakan pagi para wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi.

Sejarah Pemandian Sari Ater

Tempat wisata sari ater merupakan kawasan hutan yang pada saat itu terkenal dengan kawasan angker. Masyarakat sekitar seringkali menemui hal hal mitis saat melewati kawasan ini. Lokasi ini dahulunya mengalami kekeringan. Pada suatu ketika pohon ater yang ada di lokasi ini di tebang oleh seseorang sehingga muncul air yang deras dari cabang yang dipotong.

Pancaran air yang keluar dari pohon terebut dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk kebutuhan sehari hari. Meski belum ada penelitian yang membuktikan khasiat dari air tersebut, masyarakat sekitar mempercayai bahwa air tersebut memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit kulit.

Pada tahun 1960, kawasan ini diberi nama kampung Ciater. Kawasan yang memiliki air panas ini kemudian banyak dikenal oleh warga diluar daerah sehingga banyak yag datang. Pada tahun 1968, dibuat pemandian air panas sehingga pengunjung yang datang lebih nyaman.
Daya Tarik Wisata Pemandian Sari Ater

Pemandian Air Panas Sari Ater merupakan salah satu tempat pemandian yang terbaik karena sumber air panas dari alam. Sudah banyak yang merasakan khasiat dari air panas belerang pegunungan ini. Khususnya untuk mengobati penyakit kulit seperti gatal gatal.

Sari Ater dikelola oleh pihak Sari Ater Hotel and Resort  sehingga terdapat kolam VIP khusus bagi yang ingin mencobanya. Kelebihan dari VIP adalah adanya privasi yang tidak didapat dari kolam pemandian umum yang terbuka. Harga untuk VIP tentunya lebih mahal jika dibandingkan untuk kolam umum.

Kolam VIP maupun umum memiliki khasiat yang sama, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir apabila ingin merasakan khasiat dari pemandian air panas ini. Air belerang dari kawah gunung berapi memiliki khasiat yang baik bagi kulit. Cocok bagi anda yang memiliki masalah kulit.

Suhu air panas sari ater sekitar 43 sampai 46 derajat celcius, suhu tersebut sudah cukup hangat dibadan. Dengan berendam di sini aliran darah menjadi lancar sehingga badan menjadi lebih enak dari sebelum mencoba berendam di kolam air panas.

Kolam pemandian air panas ini dapat digunakan sebagai terapi penyakit kulit yang tentunya harus dilakukan secara rutin agar dapat sembuh. Apabila hanya sekali atau dua kali tentunya tidak akan terasa karena harus secara rutin bagi yang sudah terkena penyakit kulit.

Udara pegunungan yang sejuk membuat pengunjung merasa nyaman sambil berendam dikolam pemandian air panas ini. Suasana ini tentunya membuat pengunjung betah untuk berlama lama berendam di dalam kolam. Selain itu pengunjung dapat melepas penat setelah seharian bekarja yang mengakibatkan setres.

Harga Tiket Masuk Sari Ater

Sebelum berkunjung pasti penasaran bukan harga tiket masuk sari ater dan biaya apa saja yang harus dikeluarkan saat berkunjung. Berikut informasi mengenai hal tersebut sehingga dapat mempersiapkan uang yang dibawa saat berkunjung ke tempat wisata sari ater.

Harga tiket masuk bervariasi terdapat beberapa pilihan. Pada hari biasa dikenakan biaya masuk sekitar 32 ribu per orang. Pada weekend dikenakan biaya sekitar 37 ribu per orang. Apabila ingin biaya yang lebih murah bisa datang di hari biasa.

Harga parkir Sari Aster

Biaya parkir saat berkunjung ke sari aster dikenakan 20 ribu rupiah untuk sepeda motor. Apabila membawa mobil dikenakan 30 ribu. Untuk kendaraan bus lebih mahal yaitu sebesar 42 ribu rupiah. Biaya parkir tersebut sekali bayar tidak ada batasan waktu yang ditemtukan oleh pengelola parkir. Harga parkir hanya selisih sedikit dengan harga tiket masuk sari ater.

Harga Sewa Kolam

Apabila anda ingin berendam di kawasan pemandian air panas ini tersedia beberapa pilihan kolam dengan harga yang bervariasi. Untuk Kolam Mayang Sari sebesar 45 ribu rupiah, Kolam Rendam Wangsadipa sebesar 27 ribu rupiah.

Biaya Kolam Rendam Pulosari sebesar 28 ribu, biaya tersebut memiliki selisih harga yang sedikit dari Wangsadipa. Kolam yang paling murah adalah Kolam Rendam Leuwi Sari dengan harga 14 ribu rupiah. Manfaat dari kolam tersebut sama yang membedakan adalah fasilitasnya saja.

Tempat Wisata di Sekitar Pemandian Sari Ater

Lokasi sekitar sari ater terdapat tempat wisata alam yang bagus. Pengunjung tentunya tidak akan rugi jika berkunjung juga ketempat wisata yang ada disekitarnya. Berikut adalah beberapa tempat wisata yang dapat anda kunjungi.

1. Curug Cisalada

Tempat wisata yang pertama adalah Curug Cisalada. Nama Cisalada berasal kata dari Bahasa Sunda yang berarti air salad. Curug ini juga digunakan untuk berendam. Pemandangan disekitarnya juga bagus untuk berfoto bersama keluarga maupun tema teman anda.

2. Curug Bedil

Wisata selanjutnya adalah Curug Bedil yang berlokasi di Desa Sanca. Lokasi tempat wisata ini tidak jauh dari Sari Ater. Objek wisata yang satu ini juga memiliki keindahan alam yang tidak kalam menarik dengan curug Cisalada.

Itulah beberapa informasi tentang tempat wisata sari ater yang bisa kami sampaikan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda yang akan berkunjung. Agar liburan menyenangkan ajak keluarga anda maupun teman teman anda.

0 Response to "Tempat Wisata Sari Ater"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel